Kamis, 06 Oktober 2011

Susunan Hasil Resensi Novel Taj Mahal


SUSUNAN HASIL RESENSI
MISTERI DI BALIK PEMBANGUNAN TAJ MAHAL





DISUSUN
O
L
E
H
NAMA       :   
NIS             :   
KELAS       :   
SMA NEGERI 2 BALIGE
TOBA SAMOSIR
SUMATERA UTARA




IDENTITAS BUKU
Judul Buku                               :    Taj Mahal:Kisah Cinta Abadi
Pengarang                                 :    Jhon Shors
Penerbit                                    :    Mizan Pustaka
Tempat dan Tahun Terbit         :    Bandung, 2008
Tebal Buku                               :    460 halaman
Desain dan Warna Sampul       :    Terdapat seorang gadis yang berparas cantik, dengan latar belakang gambar Taj Mahal. Terdapat logo best seller internasional, terdapat komentar dari Andrea Hirata di bagian bawah, dan komentar dari India Post di bagian atas. Warna sampul dominan hitam dan hitam kehijau-hijauan. Terdapat logo penerbit di sudut kanan atas.






RIWAYAT KEPENGARANGAN
Jhon Shors adalah seorang pengembara yang lama tinggal di Jepang, berkelana ke sepuluh negara, dan mendaki Himalaya. Setelah itu ia menjadi reporter sebuah surat kabar di kotanya, Des Moines, Iowa. Taj Mahal - yang aslinya berjudul Beneath a Marble Sky - adalah novel debutan yang banyak menangguk pujian dan masuk dalam daftar-daftar buku best-seller dunia. Humble Journey Films of Hollywood berencana memfilmkan novel sejarah yang saat ini berada di hadapan Anda.




SINOPSIS
Aku menatap harem kerajaan sambil menyeka bekas yoghurt di bibirku. Benteng Merah bagaikan kotak mengkilat, tampak mewadahi bangunan-bangunan  terpisah yang tak terhingga jumlahnya. Ribuan perempuan tinggal di sini atas tanggungan sultan. Para istri memiliki istana sendiri di balik dinding-dinding harem. Kakekku, Sultan Jahangir beristri tujuh belas.
            Anak-anak sultan pun tinggal disini. Aku sangat membenci harem karena penuh aturan. Saudara-saudara lelakiku dapat melakukan hampir segalanya. Anak perempuan hanya menikmati sedikit kebebasan. Pada masa Kakek, wanita-wanita penjaga dari Amazon yang memaksakan aturan-aturan ini.
            Kini aku duduk di sebuah ruangan luas, ditemani para dayang dan selir, juga saudara-saudara lelaki dan perempuan yang mengenakan sutra dan batu-batu permata. Di dalam harem, kecantikan sangat dihargai. Hampir semua berlomba mencipta model pakaian terbaru. Nizam berdiri di samping Ibu, nizam adalah seorang budak Ibu. Lima belas musim semi telah ia saksikan.
            Dari empat saudaraku hanya Dara yang paling baik kepadaku. Umurnya hanya setahun lebih muda dariku. Kedekatan kami melebihi kepantasan seperti diperkirakan oleh perempuan-perempuan harem. Aurangzeb adalah urutan ketiga dari empat saudaraku. Ia sering merenggut dan menyendiri.
            Aku dan Aurangzeb sering bertengkar. Seakan-akan aku ini bukanlah adiknya. Dia seakan sangat membenciku, dia tak pernah sekalipun menyayangiku.
            Walaupun Ayah mungkin tidak memahami kebencian atau kecemburuan, salah seorang putranya memahami itu. Tetapi, baru empat bulan kemudian baru aku dapat benar-benar memahami perasaan yang disembunyikan Aurangzeb, juga kemampuan berkhianatnya.Suatu hari Dara akan menjadi sasaran kemarahannya, lalu..........

Untuk lebih lengkapnya    lalu Skip Add di pojok kanan atas...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Musik

Free Music Sites
Free Music Online

free music at divine-music.info